Rabu, 05 November 2008

Negara Ke Lima

Raganya Indonesia.Tetapi Jiwanya Tidak Lagi Nusantara.Satu Kelompok Berkuasa.Sisanya Percaya Saja.Sebagian Kelompok Kaya.Sisanya Menanggung Derita.Bubarkan Indonesia.Bebaskan Nusantara.Bentuk Negara Kelima.

Sebuah fiksi ilmiah karya si misterius ES ITO mengajak kita untuk menggali sejarah masa lalu bangsa Indonesia yang konon kabarnya merupakan bagian dari benua atlanta yang hilang. Alur ceritanya mirip sekali dengan "THE DA VINCI CODE" yang pernah saya baca.Diawali dari pembunuhan tiga remaja yang diduga kuat dilakukan oleh KElompok PAtriotik RADikal, sebuah kelompok yang ingin mendirikan negara baru, karena terdapat tanda goresan yang berbentuk piramid di leher ketiga korban, simbol khas mereka.

Setelah melalui serangkaian tarik ulur mengenai siapa yang berhak menangani kasus itu antara Satuan Reserse Umum dengan Detasemen Khusus Antiteror Polda Metro, yang jadi buronan justru Inspektur Dua Timur Mangkuto. Dia adalah perwira seksi data dan informasi pada Detsus Antiteror yang berselisih paham dengan komandannya, Kombespol Riantono.
Timur lalu terpaksa melarikan diri setelah sahabatnya, Iptu Rudi Djatmiko, turut terbunuh pula. Dalam pelariannya, ia kemudian bertemu dengan Eva Rahmasari Duani, seorang sejarahwan cantik yang mendalami sejarah Atlantis. Bersama Eva, Timur lalu menyingkap teka-teki negara kelima versi KePaRad dan sekaligus menemukan satu demi satu puzzle sejarah yang menghubungkan Atlantis dan Indonesia berdasar buku Timaeus and Critius karangan Plato.

Sebuah pencerahan baru bagi dunia sastra indonesia...Buku ini syarat dengan muatan ilmu pengetahuan sosiologi dan sejarah tentunya. Dan yang pasti akan membuat mereka yang berasal dari Sumatera Barat menjadi "Narcis dan rada-rada gede kepala :D".Pokoknya beda deh dengan novel-novel indonesia yang lain...selamat membaca

Tidak ada komentar: