Jumat, 28 Desember 2007

RENUNGAN DI AKHIR TAHUN

Mengakhiri tahun 2007....tahun yang bener2 membuatku terus merenung tentang hakekat hidup dan kehidupan....Yah sebab ditahun inilah aku harus kehilangan orang2 yang kusayangi...ibuku yang super sabar....sahabatku yang super unik....nenekku yang super islami.
Entah bagaimana harus kulukiskan perasaan ini....masih terekam jelas dibenakku bagaimana saat2 terakhir aku menemani ibuku dirumah sakit....Begitu jelas buatku tentang gambaran sakaratul maut yang sesungguhnya....begitu payah...begitu sakit....padahal ibuku adalah seorang yang tidak pernah meninggalkan sholat malam, sholat sunnah, tilawah qur an, bahkan dalam keadaan sakitnya (menjelang sakaratul mautnya) beliau tidak lupa tuk menjalankan shalatnya. Ibu ku adalah sosok yang super sabar....bahkan dalam keadan sakitnya beliau sangat sabar...tidak banyak mengeluh...padahal sebetulnya beliau menahan rasa sakit yang sangat....aku masih jauuuuuuhhhh dari tingkat kesabaran seperti itu....Allah sampaikan maafku pada ibuku...

Begitu pula saat kepergian wahyu...sama sekali tidak terduga...karena disaat terakhir pertemuan kita...aku masih sempet bercanda...ku ingat kalo aku masih punya janji dengan beliau tuk ngajarin pake jilbab dobel....yang membuat aku begitu terpaku adalah 2 bulan sebelum kepergiannya aku sempet memberikan tausiyah mengenai ajal kepada why...waktu itu kubilang kalo umur ga da yang tau....kapanpun dan kepada siapapun."Why...ternyata apa yang kuucapkan terjadi sama kamu...dan saat itu aku gak pernah menyangka bahwa umur kamu tinggal 2 bulan lagi...."

Terakhir...kepergian nenekku sendiri....
Alhamdulillah ya...setahun sebelum kepergian nenekku...aku dan ibuku masih sempet pulang ke kampung....untuk melihat keadaan nenek....
Beliau sudah pelupa bahkan untuk menyebut nama 5 anaknya saja beliau tidak sanggup apalagi mengenal sosok aku sebagai cucunya....Satu hal yang membuatku terkagum dengan beliau adalah dalam kondisi pikunnya yang sangat beliau masih hafal bacaan Al Quran. Selesai subuh aku selalu berusaha menyempatkan diri membaca Al Ma'tsurat disamping nenekku...tapi yang terjadi adalah beliau meminta aku mendengarkan dan menuntun bacaannya....Sebuah kejadian yang menurut aku luar biasa...

Allah bagaimanakah akhir diriku???? dalam keadaan bagaimana aku???? beriman kah atau justru dalam keadaan tertipu???? merasa sudah beriman padahal muflis.

Semoga Engkau mengampuni ya Rabb, jikalau diri ini ternyata masih belum sanggup menjadi hamba-Mu yang sholehah.

Semoga Engkau mengampuni jikalau hati dan lisan ini masih terkotori oleh noda dan dosa.

Semoga Engkau mengampuni jikalau diri ini masih belum ikhlas...

Robb, sungguh cintaku pada-Mu begitu dalam...kerinduanku begitu memuncak...
lalu...akankah Kau biarkan diri yang mencinta ini tidak dapat memandang keagungan wajah-Mu???

Sungguh ya Robb,tak ada kesedihan yang lebih dahsyat daripada kesedihan ketika Engkau memalingkan wajah-Mu dari ku...

Tidak ada komentar: